Seperti halnya
bahasa pemrograman lainnya, java memiliki struktur dasar yang wajib diketahui
sebelum belajar lebih jauh tentang pemrograman java.
terdapat
beberapa struktur yaitu: Class, Method, Constructor, Modifier dan Object. Agar dapat
lebih mengerti, berikut pengenalan tentang struktur program java tersebut :
1. Class
- cetak biru (blueprint) dari suatu objek
- mendefenisikan atribut dan method yang terdapat pada objek.
- menggabungkan atribut dan method ke dalam sebuah entitas
- akses terhadap atribut/method ditentukan berdasarkan access specifier
- access spesifier terhadap atribut/method terbagi atas 3, yaitu : Private, Protected dan Public.
- pada java, access terhadap class juga ditentukan oleh access specifier.
- pada setiap file source, code java, harus terdapat 1 class public.
- Umumnya, atribut dideklarasikan sebagai anggota private dari sebuah class
- Tujuannya
adalah untuk menghalangi perubahan atribut yang dilakukan tanpa terkendali
yang
menyebabkan kerusakan state objek - Tetapi,
supaya suatu objek dapat berfungsi harus ada informasi (atribut) yang
dapat diakses dari
objek lain - Akses terhadap atribut disediakan melalui method yang dideklarasi sebagai anggota public
- Pada Java, setiap class merupakan turunan (subclass) dari class Object
- Setiap objek dapat di-cast menjadi String
- Cast ke String dilakukan dengan memanggil method toString dari objek bersangkutan
- Apabila tidak didefinisikan, maka method yang dipanggil adalah method yang didefinisikan pada superclass (class Object)
- Dengan mendefinisikan method toString, kita dapat mengubah representasi String objek dari class yang bersangkutan
- Contoh deklarasi kelas pada java :
[modifier1] class Matakuliah
[modifier2] {
class body;
}
2. Method
class body;
}
2. Method
- Method menyediakan akses terhadap operasi yang dapat dilakukan oleh/terhadap objek
- Method yang dideklarasikan dengan access specifier public merupakan interface objek
- Interface menyediakan akses terhadap objek, sehingga state objek dapat dimanipulasi dengan cara yang terkendali
- Method public yang berfungsi untuk mengakses (mengembalikan) nilai atribut private disebut sebagai getter/aksesor
- Contoh deklarasi Method pada java :
[modifier] tipeNilaiAkhir namaMethod (parameter input) {
method body;
}
3. Constructor
method body;
}
3. Constructor
- Merupakan method khusus yang berfungsi untuk menginisialisasi state objek pada saat objek pertama kali dibentuk
- Nama constructor sama dengan nama class
- Apabila pada suatu class tidak didefinisikan constructor, maka Java secara otomatis akan mendefinisikan sebuah constructor default
- Constructor default adalah method constructor yang tidak menerima parameter
- Constructor default yang definisi oleh Java secara otomatis menginisialisasi seluruh instance variable (atribut) dengan nilai defaultnya.
- Sebuah class boleh memiliki lebih dari satu constructor
- Masing-masing constructor harus memiliki tipe atau jumlah parameter yang berbeda
- Constructor
yang berbeda menyediakan cara untuk membentuk objek dengan cara yang
berbeda juga
4. Object
- Merupakan perwujudan dari class (instance of class)
- Masing-masing
objek merupakan entitas yang berbeda, walaupun berada dari class yang sama
dan memiliki atribut yang sama - Objek dibentuk (instantiate) dengan menggunakan kata kunci: new
- Masing-masing objek memiliki identitas objek
- Hal ini berpengaruh terhadap proses perbandingan (operator ==) dan proses penyalinan (operator =)
- Contoh deklarasi Object pada java :
5. Modifier
- Penggunaan modifier berfungsi untuk melakukan enkapsulasi (membungkus data) pada objeck.
- Dengan menggunakan modifier kita dapat menentukan siapa saja yang boleh menggunakan atau mengakses member dari suatu objek.
- Ada empat macam modifier yang dikenal oleh Java, yaitu private, protected, public dan tanpa modifier.
- Class Modifier : Bentuk penggunaan modifier pada class:
modifier class NamaClass{
…
…
}
- Method Modifier :Bentuk penggunaan method modifier:
·
modifier tipe-data
namaMethod(parameter){
·
…
·
…
}
A.
MEmbuat Program
Disket.Java
public class Disket {
int
panjang = 10;
final
int LEBAR = 10;
String
warna = "kuning";
String
bentuk = "segiempat";
String
data = "";
Disket() {
panjang
= 100;
}
Disket(int Panjang1) {
this.panjang
= Panjang1;
}
void
simpanData ( String data1 ) {
this.data
+= data1;
}
void
hapusdata () {
data
= "";
}
String
bacaData() {
return
data;
}
}
b. MEMBUAT
PROGRAM MAINDISKET.Java
class MainDisket{
public static void
main (String[] args) {
Disket disk1 = new
Disket(50);
System.out.println("Panjang
disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar
disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna
disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk
disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data
mula-mula = "+disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar
java");
System.out.println("Setelah
SimpanData = "+disk1.bacaData());
disk1.hapusdata();
System.out.println("Setelah
hapusData = "+disk1.bacaData());
}
}
okey
BalasHapusnicd info sob.. ^^
BalasHapus